CD-ROM
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas II SD Tiranus Pondok KOpi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis puzzle pada materi pecahan
bagi siswa kelas II Sekolah Dasar dengan melihat respon pada siswa setelah melakukan
kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran visual. Media berbasis puzzle
dikembangkan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pecahan. Objek
penelitian adalah siswa kelas 2 SD Tiranus Pondok Kopi dengan jumlah 30 siswa seluruh
siswa. Jenis Penelitian yang telah lakukan menggunakan model pengemabangan Dick &
Carrey. Media berbasis puzzle dilakukan uji coba validasi untuk ahli materi, ahli desain, dan
ahli kegiatan pembelajaran. Kemudian dilakukan uji coba kelompok kecil, uji kelompok
menengah, dan kelompok besar. Hasil penelitian menurut ahli materi sebesar 86%, ahli
desai sebesar 82%, ahli kegiatan pembelajaran sebesar 87%, uji coba kelompok kecil
sebesar 7,3%, uji coba kelompok menengah sebesar 80%, dan uji coba kelompok besar
91,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan melalui hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis puzzle pada materi pecahan dengan
menggunakan model pengembangan Dick and Carrey layak digunakan. Implikasi pada
penelitian ini ialah dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan dan memberikan
semangat serta motivasi belajar.
Kata kunci : media pembelajaran berbasis puzzle, materi pecahan, pelajaran matematika
PGSD23/035 | PGSD23/035 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain