Text
Studi deskriptif upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas IB pada pembelajaran daring di Muhammadyah 06 Tebet Jakarta Selatan
Skripsi ini membahas tentang disleksia dini pada siswa Ib SDS Muhammadiyah 06 Tebet, Jakarta. Membaca awal merupakan kompetensi dasar pada jenjang pendidikan dasar, dan sekolah dasar (SD/MI) adalah satuan pendidikan yang memberikan keterampilan dasar tersebut sebagaimana dijelaskan dalam bab II pasal 6, Pasal 6 PP No. 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dan deskriptif terhadap hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendeskripsikan kesulitan membaca awal pada siswa Ib di SDS Muhammadiyah 06 Tebet, Jakarta. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan membaca di awal kelas Ib SDS Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta terutama karena malas belajar, banyak membaca awalan yang membingungkan, dan tidak memasukkan materi pembelajaran siswa. Solusi yang diterapkan guru adalah dengan memunculkan inisiatif baru dalam pembelajaran membaca sejak dini. Hasil penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru Ib dan siswa Ib di SDS Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta menunjukkan bahwa secara umum dari 27 siswa di SDS Muhammadyah 06 Tebet Jakarta terdapat 4 siswa di SDS Muhammadiyah 06 Tebet Ibukota Jakarta mengalami kesulitan membaca pada awalnya dan 3 tidak lancar pada awalnya.
PGSD23/034 | PGSD 23/034 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain