Text
Pengembangan media magenta ( magnet bilangan matematika) pada pembelajaran matematika di kelas III SDN Karanganyar 03 Pagi Jakarta Pusat
Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya siswa kelas III SDN Karang Anyar 03 Pagi Jakarta Pusat dalam pemahaman perkalian pada pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran papan lipat MAGENTA (Magnet Bilangan Matematika) yang valid dan efektif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi (Research and Information Collecting), (2) Perencanaan (Planning), (3) Menyusun Produk Awal (Develop Preliminary Form a Product), (4) Uji Coba Skala Kecil (Preliminary Field Testing), (5) Revisi Produk Skala Kecil (Main Product Revision), (6) Uji Coba Skala Menengah (Main Field Testing), (7) Revisi Produk Skala Menengah (Operational Product Revision), (8) Uji Coba Skala Besar (Operational Field Testing), (9) Revisi Produk Akhir (Final Product Revision). Media pembelajaran papan lipat MAGENTA (Magnet Bilangan Matematika) mendapatkan nilai dari ahli desain 94%, ahli materi 94%, ahli pelaksana pembelajaran 96% dengan kategori sangat valid untuk digunakan. Penilaian yang diberikan oleh siswa saat uji coba lapangan mendapatkan nilai 92% dengan kategori sangat valid. Penggunaan media pembelajaran papan lipat MAGENTA (Magnet Bilangan Matematika) pada materi satuan waktu dengan perkalian terbukti memenuhi kevalidan produk dan efektif untuk digunakan saat proses pembelajaran di kelas III SDN Karang Anyar 03 Pagi Jakarta Pusat. Hasil nilai siswa mengalami peningkatan sebanyak 25,17% yaitu nilai pretest sebelum penggunaan produk sebesar 60% dan siswa saat posttest atau setelah menggunakan produk sebesar 85,17%.
PGSD23/015 | PGSD23/015 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain