CD-ROM
PEngaruh Model Pembelajaran Superitem Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Swasta Tiranus
Mempelajari matematika sebenarnya adalah mempelajari ide-ide atau
konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hierarkis. Alternatif pembelajaran
dirancang agar dapat membantu siswa dalam memahami hubungan antar konsep.
Hal itu dilakukan agar siswa dapat memecahkan masalah matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran
superitem terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V di
Sekolah Dasar Swasta Tiranus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
eksperimen semu (quasi experimental research) dengan rancangan one group
pretest-posttest design yang terdiri atas satu kelompok yang telah ditentukan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDS Tiranus Kecamatan
Duren Sawit tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah sampel 19 orang. Hasil
penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran superitem berpengaruh
positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun
ruang kelas V Sekolah Dasar Swasta Tiranus.
Kata Kunci : Bangun Ruang, Matematika, Superitem
PGSD23/014 | PGSD23/014 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain