CD-ROM
Pengembangan Buku Digital Cerita Bergambar Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II -A SDN Kuningan Barat I Pagi Jakarta
Penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa Kelas
II-A SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan
menghasilkan buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran Tematik yang valid
secara teoretis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan
menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation). Buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran
tematik memperoleh nilai rata-rata dari ahli bahasa sebesar 82%, ahli media 96%, ahli
materi 86%, dan ahli praktisi 90%. Dari rata-rata skor yang dihasilkan maka produk
dapat dikategorikan sangat valid atau sangat layak untuk digunakan. Hasil penelitian
yang diberikan kepada siswa berupa angket penilaian pada 3 tahap uji coba media dan
pada uji coba skala besar memperoleh nilai 95% yang dikategorikan sangat menarik.
Penggunaan buku digital cerita bergambar untuk pembelajaran Tematik terbukti
memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran dan berhasil
meningkatkan hasil belajar siswa SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta. Hal tersebut
dapat dibuktikan dari hasil nilai post test siswa saat uji coba. Hasil nilai siswa
mengalami peningkatan sebanyak 22,05% yaitu dari persentase rata-rata nilai pre test
sebelum penggunaan produk sebesar 68% dimana hanya 11 dari 23 siswa yang lulus
standar KKM dan persentase rata-rata nilai siswa saat post test atau setelah
menggunakan produk sebesar 83% dimana seluruh siswa lulus standar KKM.
Kata kunci: Buku Digital, Buku Cerita Bergambar, Tematik
PGSD23/009 | PGSD23/009 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain