Text
Analisis efektivitas keterampilan menulis narasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDS Muhammadiyah 06 Tebet tahun ajaran 2020/2021 pada era pandemi
Pasca mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada bulan maret 2020 memberi dampak pada pendidikan di Indonesia. pembelajaran tetap dilaksanakan melalui metode belajar dalam jaringan (daring) di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan menulis narasi, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pelaksanaan kegiatan menulis narasi dan mengetahui efektivitas menulis narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDS Muhammadiyah 06 Tebet Tahun Ajaran 2020/2021 pada era pandemi. Lokasi penelitian ini bertempat diSDS Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta selatan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengambil data secara primer dan sekunder melalui tahappengumpulandata observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang kurang memperhatikan unsur-unsur dalam narasi berupa mengidentifikasi penokohan, tema, alur atau plot, latar dan sudut pandang. Penggunaan huruf kapital dan tanda baca kurang sesuai dengan PUEBI. Pemilihan kata atau perbendaharaan kata yang masih belum menggunakan kata baku yang tepat agar tercapainya suatu keterpaduan antarparagraf.
Kata Kunci : Menulis Narasi, Pembelajaran Daring, Kualitatif.
PGSD22/011 | PGSD 22/011 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain