CD-ROM
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Multilitersi Media Komik pada Siswa Kelas VI SD Tiranus
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika
siswa dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi dan media yang digunakan yaitu komik
untuk siswa kelas VI A SDTiranus Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Kemampuan dan hasil
belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kemampuan siswa memahami pembelajaran, aktivitas
belajar, motivasi, evaluasi dan hasil belajar siswa berupa nilai yang mencapai batas KKM. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dimana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti
sebagai pengamat. Rancangan penelitian ini menggunakan model John Elliot. Penelitian ini dilakukan
pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023 yaitu pada bulan Agustus sampai November. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VI A SD Tiranus yang berjumlah 21 siswa. Objek penelitian adalah hasil
belajar mata pelajaran matematika peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi
dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 71,4%
(kategori cukup), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,7% (kategori baik). Dengan demikian
penggunaan model pembelajaran multiliterasi media komik pada mata pelajaran matematika dapat
dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI A SD Tiranus
PGSD23/024 | PGSD23/024 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain