Text
Penggunaan media flashcard audio visual untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I SDN Pondok Pinang 08 Jakarta Selatan
Dalam kemampuan membaca permulaan di Sekolah Dasar khususnya di kelas 1 masih belum maksimal karena terdapat banyak peserta didik yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) sehingga peneliti mengangkat permasalahan tersebut untuk melakukan penelitan yang bertujuan untuk(1)mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan (2)mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui upaya penggunaan media pembelajaran flashcard audio visual.pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana di setiap siklus terdapat (1)perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,test dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard audio visual dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1.hal ini terbukti bahwa 84,4% atau 27 siswa yang tuntas belajar dari yang sebelumnya hanya 19 siswa yaitu sebesar 59% dari 32 siswa.
PGSD23/028 | PGSD23/028 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain