CD-ROM
Pengembangan Media Pembelajaran IPA Video Animasi Berbasis Kontektual Untuk Materi Sifat Cahaya Kelas IV SDN Halim 01 Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan media pembalajaran
video animasi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa pada
pembelajaran IPA materi sifat cahaya di kelas IV SDN Halim 01. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan menggunkan model Research and
Development (R&D). Dalam mengumpulkan data uji kelayakan peneliti
menggunakan angket lembar validasi ahli desain, ahli materi, ahli bahasa dan
angket siswa. Model pengembangan yang peneliti gunakan yaitu DICK AND
CARREY yang terdiri dari 10 tahap. Hasil peneltian menunjukan 1) telah
menghasilkan media pembelajaran IPA video animasi berbasis kontekstual pada
materi sifat cahaya. 2) produk telah di uji validasi oleh beberapa ahli dengan
mendapatkan nilai dari ahli desain 92% sangat valid. Ahli materi satu 96% sangat
valid. Ahli materi dua 90,66% sangat valid. Ahli bahasa 97,5 % sangat valid. 3)
uji coba media pembelajaran pada kelompok kecil hasil respons 3 siswa
mendapatkan hasil nilai 94% sangat baik. 4) pada tahap uji coba kelompok besar
dengan hasil respons siswa sebanyak 32 orang mencapai nilai 99% yaitu masuk
mategiri sangat baik. 5) uji efektifitas dengan menggunakan pre-test dan posttest dari hasil penghitungan N-Gain dari 32 orang siswa mendapatkan hasil nilai
69,80 % yaitu cukup efektif media pembelajaran vidio animasi berbasis
kontekstual digunakan pada pembelajaran IPA materi sifat cahaya. Dengan
mendapatkan score hasil respons siswa 0,70 yaitu termasuk kategori tinggi
sehingga efektif media tersebut digunkan untuk siswa.
Kata kunci: Pengembangan; media video animasi; minat belajar
PGSD23/006 | PGSD 23/006 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain