Text
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Siswa Kelas III Pada Program MBKM Kampus Mengajar di SDS Bunayan Islamic School Jakarta Selatan
Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang diselenggarakan secara sistematis dan tepat sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk memecahkan beragai masalah dalam kehidupan sehari-hari, dibutuhkan untuk meningkatkan daya pikir serta memiliki keterkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain. Matematika sangat penting untuk dipelajari. Namun mempelajari matematika yang abstrak ini masih dianggap sulit bahkan tidak sedikit dari siswa yang merasa takut untuk mempelajari matematika. Jadi dibutuhkan usaha yang maksimal, ketekunan dan pantang menyerah. Oleh karena itu untuk mencapai hasil belajar yang optimal diperlukan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil obervasi di kelas III SDS Bunayya Islamic School membukitikan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat seperti pendekatan kooperatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan kooperatif pada siswa kelas III di SDS Bunayya Islamic School. Pendekatan kooperatif dipilih oleh peneliti mengingat dapat memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, percaya diri, menghargai sesama, disiplin, kompetitif, sportif, kerja sama dan keterlibatan belajar seluruh siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dan hasilnya dianalisis secara kualitatif. Perolehan hasil aktivitas siswa dalam menerapkan pendekatan kooperatif pada siklus I sebesar 68%, siklus II 77% dan bertambah pada siklus yaitu III 89%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan pendekatan yang sama, yakni siklus I sebesar 67%, siklus II 86% dan bertambah pada siklus yaitu III 93%.
Berdasarkan data tersebut, terbukti bahwa hasil belajar matematika siswa dapat meningkat melalui pendekatan kooperatif. Temuan tersebut diharapkan bisa menjadi solusi dalam masalah hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Disarankan untuk menjalin kerja sama yang baik antara pihak sekolah, orang tua, lingkungan masyarakat, dan instansi terkait meningkatkan hasil belajar siswa.
PGSD23/049 | PGSD 23/049 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain