Text
Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SDN Aren Jaya 01 Bekasi Pada Muatan IPA Tema 5 Subtema 1 Materi Ekosistem Melalui Penerapan Media Mystery Box Berbantuan Video Animasi
Kemampuan kognitif IPA adalah suatu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, keterampilan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana. Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) masih sangat sulit dimengerti siswa sekolah dasar hal tersebut dikarenakan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang masih abstrak. Berdasarkan data penelitian ditemukan permasalahan yang sama pada siswa di kelas V C di SDN Aren Jaya 01 Bekasi yaitu siswa masih sulit memahami mengenai penjelasan materi IPA tema 5 "Ekosistem". Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah media Mystery Box berbantuan Video Animasi ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ekosistem Tema 5 subtema 1 pada siswa kelas V C di SDN Aren Jaya 01 Bekasi. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian adalah penggunaan media Mystery Box berbantuan Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif IPA siswa pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem Tema 5 Subtema 1. Hal ini diketahui dari hasil tes tertulis pada siklus I sebesar 59% meningkat 32% menjadi 91% pada siklus II. Dan jumlah siswa yang tuntas KKM sudah lebih dari 75% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 91% atau sebanyak 29 siswa dari 32 siswa yang tuntas KKM.
PGSD23/041 | PGSD 23/041 | Prodi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain