PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SDN Aren Jaya 01 Bekasi Pada Muatan IPA Tema 5 Subtema 1 Materi Ekosistem Melalui Penerapan Media Mystery Box Berbantuan Video Animasi

Febrina Deswanda - Nama Orang - Pengarang Utama; Febrianti Yuli Satriyani - Nama Orang - Pembimbing;



Kemampuan kognitif IPA adalah suatu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, keterampilan untuk memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dan menyelesaikan soal-soal sederhana. Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam (IPA) masih sangat sulit dimengerti siswa sekolah dasar hal tersebut dikarenakan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang masih abstrak. Berdasarkan data penelitian ditemukan permasalahan yang sama pada siswa di kelas V C di SDN Aren Jaya 01 Bekasi yaitu siswa masih sulit memahami mengenai penjelasan materi IPA tema 5 "Ekosistem". Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah media Mystery Box berbantuan Video Animasi ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ekosistem Tema 5 subtema 1 pada siswa kelas V C di SDN Aren Jaya 01 Bekasi. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain classroom action research atau penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian adalah penggunaan media Mystery Box berbantuan Video Animasi dapat meningkatkan kemampuan kognitif IPA siswa pada mata pelajaran IPA materi Ekosistem Tema 5 Subtema 1. Hal ini diketahui dari hasil tes tertulis pada siklus I sebesar 59% meningkat 32% menjadi 91% pada siklus II. Dan jumlah siswa yang tuntas KKM sudah lebih dari 75% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 91% atau sebanyak 29 siswa dari 32 siswa yang tuntas KKM.


Ketersediaan
PGSD23/041PGSD 23/041Prodi PGSDTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 23/041
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Febrina Deswanda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik