Text
Peningkatan minat membaca siswa dengan menggunakan media buku cerita bergambar siswa kelas III pada program MBKM kampus mengajar SD Bunayya Islamic School Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca melalui media buku cerita bergambar pada siswa kelas III SD Bunayya Islamic School Jakarta.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Bunayya Islamic School Jakarta, dengan jumlah 24 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Objek penelitian ini berupa minat membaca meliputi rasa senang, ketertarikan, berinisiatif dan perhatian pada buku cerita bergambar. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca permulaan pada siswa kelas III SD Bunayya Islamic School Jakarta dapat ditingkatkan dengan menggunakan media buku cerita bergambar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan sampai dengan siklus II yaitu hasil pra tindakan mencapai 28%, hasil siklus I mencapai 49% dan hasil siklus II mencapai 79%. Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator. Proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan media buku cerita bergambar yaitu guru menunjukkan buku cerita bergambar kepada anak yang akan disampaikan pada hari itu sesuai dengan tema, guru mengajak anak-anak untuk bercakap-cakap dengan memberikan rangsangan melalui beberapa pertanyaan mengenai cerita bergambar, guru juga memperkenalkan kosakata baru yang disertai arti atau pengertiannya, tidak lupa guru memberikan dorongan dan motivasi berupa ungkapan penyemangat atau pujian.
PGSD23/047 | PGSD 23/047 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain