Text
Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangkaian listrik di Kelas VI SD Bunayya Islamic School
Secara umum, ilmu pengetahuan alam merupakan pengetahuan ilmiah yaitu pengetahuan yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan pokok bahasan yang berkaitan dengan alam dan segala isinya. Dengan mempelajari fenomena alam, diharapkan peserta didik mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang berkaitan dengan kondisi alam di masa yang akan datang. Dalam proses pembelajaran IPA, penanaman konsep yang baik dan benar sangat diperlukan, karena IPA merupakan pengetahuan berkelanjutan dari tingkat dasar ketingkat yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil observasi awal, menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VI di SD Bunayya Islamic School masih ada yang di bawah standar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 22 siswa adalah 66,89 dengan siswa yang mencapai ketuntasan klasikal berjumlah 22 % yang terdiri atas siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangkaian listrik di kelas VI SD Bunayya Islamic School melalui metode Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VI SD Bunayya Islamic School, pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 8 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berupa tes pretes diawal siklus dan postes diakhir siklus, observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dan dokumentasi berupa video dan foto dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan presentase sebesar 66,25% dan pada siklus II sebesar 84 % atau mengalami peningkatan sebesar 17,75 %. Hasil belajar siswa mendapatkan presentase pada siklus I sebesar 63%, pada siklus II mendapatkan presentase 86% atau mengalami peningkatan sebesar 23 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VI SD Bunayya Islamic School.
PGSD23/050 | PGSD 23/050 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain