Text
Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan puzzle pada siswa kelas I SD Bunayya Islamic School Jakarta dalam program MBKM kampus mengajar
Keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar merupakan keterampilan yang mendasari untuk keterampilan membaca berikutnya. Keterampilan membaca permulaan khususnya kelas rendah seperti kelas I dan II membutuhkan perhatian dan strategi pada saat proses pembelajaran berupa metode atau media. Media puzzle adalah salah satu media yang dapat membantu guru dalam kegiatan proses belajar keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SD Bunayya Islamic School. Metode ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus terdapat tujuh kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Bunayya Islamic School yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan, lembar observasi guru, siswa, dan wawanacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,13 terdapat 19 siswa yang mencapai KKM pembelajaran. Pada siklus II dengan rata-rata 80,13 terdapat 25 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang digunakan bahwa media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Bunayya Islamic School.
PGSD23/051 | PGSD 23/051 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain