Text
Analisis Proses Bisnis Operasional KSO Terminal Petikemas Koja
Operasional bongkar-muat di IPK Koja, dan untuk mengetahut penyelesaian atas masalah yang muncul di dalam operasional bongkar-muat di TPK Koja. Penelitian in menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu melalui pengumpulan data berupa data primer dengan informan adalah sebanyak 6 orang dari seluruh pegawai di lingkungan TPK Koja. Hasil penelitian menuniukkan bahwa permasalahan yang muncul di dalam operasional bongkar-muat di TPK Koja adalah persoalan yang terkait dengan kualitas dan kuantitas peralatan, pegawai tau Sumber Daya Manusia, pelayanan dalam pengurusan dokumen, serta sistem Teknologi Informasi. Kemudian melalui analisis proses bisnis maka diperolch penyelesaian masalah yaitu pada tahap "Persiapan", kegiatan penyiapan peralatan bongkar-muat dan SDM harus secara lebih baik dilakukan melalui ketaatan akan pemenuhan standar yang telah ditentukan. Selain itu, pegawai tau SDM yang disiapkan juga haruslah mereka yang benar-benar mengerti dan paham dengan tugas serta SOP yang berlaku. Hal lainnya adalah juga terkait dengan penguatan sistem teknologi informasi yang harus lebih menjamin akan kecepatan dan kemudahan pelayanan serta didukung oleh sistem cadangan yang tepat, yang ketika sistem utama mengalami permasalahan (trouble) dapat segera digantikan ole sistem cadangan tersebut. Adapun pada tahap "Stevodering" dan tahap "Cargodoring" perlu diperkuat dari aspek monitoring dan evaluasinya (Monev) schingga ketika terjadi permasalahan di lapangan, sudah dapat langsung segera dibantu untuk diatasi. Dengan demikian kinerja waktu pada kedua tahap itu bisa dijaga untuk tidak terlalu mundur dari standar yang telah ditetapkan.
SKR23/115 | SKR 23/115 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain