Text
Analisis sistem penilaian hasil belajar siswa kelas III B SDN Kuningan Barat 01 pagi tahun pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran daring tema benda di sekitarku
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan cara guru dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa, (2) mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam melakukan penilaian hasil belajor siswa dan, (3) mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi hambatan dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa pada aspek kognitif siswa di kelas l B SDN Kuningan Barat 01 Pagi tahun pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran daring Tema Benda di Sckitarku. Metode yang digunakun dalam penclitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik penilaian hasil belajar siswa aspck kognitif pada pembelajaran daring Tema Benda di Sekitarku berbentuk tes yaitu tes tertulis dan lisan. Penilaian yang dilakukan belum terlaksana sccara adil. Hambatan yang ditemukan dalam penilaian hasil bclajar siswa adalah menyusun instrumen penelitian yang sesuai dengan kebutuhan siswa, humbatan dari faktor siswa, guru tidak mengetahui apakah siswa sudah jujur dalam mengerjakan tugas, dan hasil bclajar siswa yang meragukan. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut adalah menyusun instrumen penilaian yang dapat memberikan pemahaman yang lcbih konkret, melakukan tes membaca, menulis, berhitung secara langsung dan remedial, serta berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang tua mengenai proses belajar siswa di rumah. Kebaruan pada penelitian ini adalah menganalisis proses penilaian hasil belajar siswa pada aspek kognitif dalam pembelajaran daring Tema Benda di Sekitarku.
PGSD22/003 | PGSD 22/003 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain