Text
Analisis ketidaktepatan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran berdasarkan newman's error analysis di kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta
Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan ketidaktepatan, kecenderungan ketidaktepatan dan faktor penyebab terjadinya ketidaktepatan yang dilakukan siswa kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta pada saat mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan berdasarkan newman's error analysis. Jenis penelitian in yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Ketidaktepatan yang dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
Kecenderungan ketidaktepatan siswa dyang dilakukan siswa yairtu pada ketidaktepatan penulisan jawaban akhir, yang mana ketidaktepatan tersebut paling banyak disebabkan karena kesalahan keterampilan proses yang dilakukan siswa, dengan hasil persentase ketidaktepatan membaca sebesar 33,6%, ketidaktepatan memahami sebesar 35%, ketidaktepatan transformasi sebesar 36,4%, ketidaktepatan keterampilan proses sebesar 58,6%, dan ketidaktepatan penulisan jawaban akhir sebesar 60%. Adapun faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, siswa kurang fokus dalam melakukan operasi hitung,siswa tergesa-gesa saat mengerjakan soal, ketidaktepatan pada proses sebelumnya, siswa tidak mengetahui maksud perintah dari soal, siswa kurang menguasai materi, siswa tidak memahami konsep operasi hitung, siswa tidak mengetahui persamaan nilai, siswa asal-asalan ketika menjawab soal, siswa kelupaan menuliskan jawaban. Faktor eksternal yaitu sikap guru pada kegiatan pembelajaran, yaitu guru tidak membiasakan siswa untuk menuliskan kesimpulan untuk jawaban soal cerita. Upaya guru untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan waktu pelajaran tambahan seminggu dua kali, memberikan tugas kepada siswa setiap selesai menjelaskan materi, membantu siswa secara individu, mengiri siswa pada proses pengerjaan.
PGSD22/009 | PGSD 22/009 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain