PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis ketidaktepatan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran berdasarkan newman's error analysis di kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta

Text

Analisis ketidaktepatan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran berdasarkan newman's error analysis di kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta

Viika Saffaanah Velayati - Nama Orang - Pengarang Utama; Winda Amelia - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan ketidaktepatan, kecenderungan ketidaktepatan dan faktor penyebab terjadinya ketidaktepatan yang dilakukan siswa kelas V SDIT Insan Mandiri Jakarta pada saat mengerjakan soal cerita matematika materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan berdasarkan newman's error analysis. Jenis penelitian in yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Ketidaktepatan yang dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal yaitu, kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
Kecenderungan ketidaktepatan siswa dyang dilakukan siswa yairtu pada ketidaktepatan penulisan jawaban akhir, yang mana ketidaktepatan tersebut paling banyak disebabkan karena kesalahan keterampilan proses yang dilakukan siswa, dengan hasil persentase ketidaktepatan membaca sebesar 33,6%, ketidaktepatan memahami sebesar 35%, ketidaktepatan transformasi sebesar 36,4%, ketidaktepatan keterampilan proses sebesar 58,6%, dan ketidaktepatan penulisan jawaban akhir sebesar 60%. Adapun faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita matematika yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal, siswa kurang fokus dalam melakukan operasi hitung,siswa tergesa-gesa saat mengerjakan soal, ketidaktepatan pada proses sebelumnya, siswa tidak mengetahui maksud perintah dari soal, siswa kurang menguasai materi, siswa tidak memahami konsep operasi hitung, siswa tidak mengetahui persamaan nilai, siswa asal-asalan ketika menjawab soal, siswa kelupaan menuliskan jawaban. Faktor eksternal yaitu sikap guru pada kegiatan pembelajaran, yaitu guru tidak membiasakan siswa untuk menuliskan kesimpulan untuk jawaban soal cerita. Upaya guru untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan waktu pelajaran tambahan seminggu dua kali, memberikan tugas kepada siswa setiap selesai menjelaskan materi, membantu siswa secara individu, mengiri siswa pada proses pengerjaan.


Ketersediaan
PGSD22/009PGSD 22/009Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 22/009
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Viika Saffaanah Velayati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik