Text
Analisis kesulitan pembelajaran daring melalui whatsapp pada masa pandemi Covid-19 di kelas III SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan pembelajaran daring melalui WhatsApp pada masa pandemi covid-19, yang meliputi faktor pendukung, faktor penghambat, dan upaya guru dan siswa mengatasi masalah kesulitan belajar yang mempengaruhi pembelajaran daring melalui WhatsApp di masa pandemi pada siswa kelas IIIA SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIA. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IILA. Hasil peneilitian ini yaitu, (1) Faktor pendukung diantaranya ialah; motivasi guru. Kedua, ialah buku mata pelajaran. Ketiga, ialah handphone yang digunakan saat pembelajaran daring. (2) Faktor penghambat diantaranya ialah; kurangnya media pembelaran yang digunakan guru dan materi yang digunakan guru terpaku pada buku tematik. Kedua, guru jarang menggunakan google meet atau zoom meeting. Ketiga, fasilitas siswa di rumah seperti handphone, sinyal internet, dan kuota internet. Keempat ialah, pendampingan orang tua. (3) Upaya yang dilakukan guru dan siswa saat menyikapi kesulitan pembelajaran daring yaitu; upaya guru ialah, memberi motivasi, memberi kelonggaran waktu untuk siswa mengirim tugas, dan mengadakan remedial. Upaya siswa yaitu, meminta bimbingan orang tua dan membaca berulang materi pembelajaran.
PGSD22/008 | PGSD 22/008 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain