Text
Pengembangan media pembelajaran komik tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN tebet Timur 07 Jakarta
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menciptakan produk media pembelajaran berupa komik tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas iV SD. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Brog & Gall. Namun peneliti melakukan modifikasi dari model tersebut menjadi tujuh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan infomasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Subjek uji pelaksanaan sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran komik tematik memperoleh presentase validasi ahli materı sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk validasi ahli media sebesar 889% dan validasi ahli Bahasa 100%. Selanjutnya terdapat hasil uji coba produk. pada uji coba produk dilakukan dengan skala besar. hasilnya nilai rata-rata sebelum diterapkan media komik tematik (pre-test) diperoleh sebesar 63.33%. sedangkan untuk nilai rata-rata setelah diterapkan media komik (post-test) diperoleh sebesar 86.16%. dengan diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < 0.05 maka terdapat perbedaan tingkat motivasi belajar siswa dengan diterapkannya media komik tematik. Sehingga media komik tematik layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar
PGSD21/002 | PGSD 21/002 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain