Text
Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis video animasi bangun ruang kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi materi bangun ruang untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, mengetahui pengembangan media pembelajaran matematika berbasis animasi materi bangun ruang, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran matematika berbasis animasi materi bangun ruang. Penetitian pengembangan ini terdiri dari: (1) mengidentifikasi tujuan, (2) menganalisis pembelajaran, (3) menganalisis pembelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan khusus, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif pembelajaran, (9) merevisi pembelajaran, (10) mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 32 siswa dengan rincian: 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 32 siswa untuk uji coba kelompok besar. Dari hasil penelitian ini menampilkan bahwa: (1) telah menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi materi bangun ruang. (2) produk telah di uji validasi oleh beberapa ahli, yakni: ahli desain, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli Bahasa dengan mendapatkan hasil nilai 84,75% dengan kategori sangat valid dan efektif untuk digunakan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar, (3) uji coba produk terhadap 6 siswa mendapatkan hasil 88% dengan kategori sangat valid dan efektif digunakan oleh siswa kelas V Sekolah Dasar, (4) uji pemakaian produk dengan 32 siswa juga mendapatkan nilai 88,43% dengan kategori sangat valid dan efektif untuk di gunakan kepada siswa dalam proses pembelajaran dan dapat menambah minat belajar siswa.
PGSD22/004 | PGSD 22/004 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain