Text
Pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran matematika materi skala peta kelas V SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang memiliki tingkat kevalidan dan daya tarik sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan minat peserta didik pada pembelajaran matematika materi skala peta kelas V Sekolah Dasar, mengetahui efektifitas media tersebut, dan mengetahui respon peserta didik dengan digunakannya media tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (RnD) atau penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall, yaitu yang terdiri dari: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) uji coba pemakaian. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah siswa kelas V SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 9 siswa di uji cobakan pada skala kecil, dan 32 siswa di uji cobakan pada skala besar. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kevalidan media pembelajaran video animasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: (1) pakar media diperoleh skor presentase 78,84% dan 71,15% dengan kriteria sangat valid, (2) pakar materi diperoleh skor presentase 81,66% dan 959% dengan kriteria sangat valid, (3) pakar bahasa diperoleh skor presentase 100% dan 84,37% dengan kriteria sangat valid. (4) penilaian kevalidan media oleh peserta didik yang didapatkan pada uji coba skala kecil diperoleh skor presentase 86,25% dengan kriteria penilaian sangat valid serta uji coba pemakaian pada skala besar diperoleh skor presentase 86,41% dengan kriteria penilaian sangat valid dan efektif di aplikasikan kepada peserta didik saat pembelajaran di kelas dan bisa menambah hasrat serta minat belajar siswa.
PGSD22/014 | PGSD 22/014 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain