Text
Pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis virtual exhibition pada siswa kelas IV SDN Kalibata 07 Jakarta Selatan
Penelitian in menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan Dick dan Carey. Penelitian in bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis virtual exhibition, (2) mengetahui keefektifan dan kelayakan media pembelajaran berbasis virtual exhibition terhadap hasil belajar IPAS. Perolehan hasil uji validasi pertama dari ahli media 80%, data kedua dari angket ahli bahasa 85%, hasil analisis ketiga dari 2 orang ahli materi dengan perolehan hasil rata-rata validasi 87%, dan hasil analisis terakhir dari angket respon siswa kelompok kecil dan besar yang memperoleh hasil analisis 84% dan 89.44% dengan keterangan valid tapa revisi. Pada hasil uji keefektifan pada kelompok kecil berdasarkan wji normalitas gain mendapatkan hasil 0,60, sama halnya dengan hasil uji efektivitas kelompok besar mendapatkan hasil 0.57 dengan kriteria keduanya keberhasilan sedang. Dapat disimpulkan bahwa media virtual exhibition menarik dan valid digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
PGSD23/057 | PGSD 23/057 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain