Text
Peningkatan hasil belajar matematika materi volume kubus dan balok pada siswa kelas VC SDN Klender 03 Pagi Jakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media kotak kartu misteri
Pembahasan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VC SDN Klender 03 Pagi Jakarta dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada muatan matematika materi volume kubus dan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media kotak kartu misteri meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika materi volume kubus dan balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Pelaksanaan siklus I dan siklus II dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus I dan II dilaksanakan dalam empat kali pembelajaran. Pembelajaran terdiri atas kegiatan awal, inti dan akhir selama dua jam pelajaran, dengan waktu setiap jam pembelajarannya 35 menit. Hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok pada siklus I terdapat 17 dari 32 telah lulus KKM dan ketuntasan klasikal mencapai 53% mendapat kategori cukup dengan nilai rata-rata 70. Sedangkan pada siklus II mendapatkan peningkatan sebanyak 29 dari 32 telah lulus KKM dan ketuntasan klasikal 91% mendapat kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata mencapai 87. Dapat disimpulkan bahwasanya adanya peningkatan hasil belajar siswa materi volume kubus dan balok dengan penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media kotak kartu misteri.
PGSD24/005 | PGSD 24/005 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain