Text
Upaya peningkatan keterampilan menulis teks narasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada siswa kelas III A SDN Klender 03 Pagi Jakarta
Pembahasan Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas III A SDN Klender 03 Pagi dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada materi menulis teks narasi. Penelitian ini meggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain keterlaksanaan model pembelajaran index card match pada materi menulis teks narasi yang berkategori sangat baik, hasil belajar siswa pada materi menulis teks narasi setiap siklus mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Hasil belajar siswa rata – rata pada siklus I adalah 64 dengan presentase ketuntasan 41% dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa rata – rata pada siklus II adalah 84 presentase ketuntasan 90% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukka adanya peningkatan dari siklus I dan II. Penerapan model pembelajaraan kooperatif index card match dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.
PGSD24/006 | PGSD 24/006 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain