Text
Analisis pengaruh teknologi informasi, promosi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengunjung serta dampaknya terhadap minat berkunjung kembali (studi empirik : perpustakaan Nasional)
Perpustakaan Nasional melaksanakan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan meliputi: menetapkan kebijakan nasional, kebijakan umum, dan kebijakan teknis pengelolaan perpustakaan; melaksanakan pembinaan, pengembangan, evaluasi, dan koordinasi terhadap pengelolaan perpustakaan; membina kerja sama dalam pengelolaan berbagai jenis perpustakaan; dan mengembangkan standar nasional perpustakaan. Perkembangan teknologi dan informasi pada era globalisasi saat ini cenderung meningkat sangat pesat dan semakin berkembang dengan cepat sehingga mempermudah aktivitas manusia. Perkembangan teknologi informasi ditandai dengan kemunculan jaringan internet dan berbagai macam alat komunikasi seperti smartphone, laptop dan lain sebagainya.
Penelitian ini menggunakan metoda penelitian kuantitatif. Metoda ini disebut metoda kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Terdapat dua macam statistik yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian, yaitu statistik destriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini dirancang dengan menuggunakan metoda deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metoda statistik deskriptif digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi perihal data penelitian. Variabel-variabel dalam penelitian ini Tenologi Informasi (X1), Promosi (X2), Kualitas Layanan (X3), Kepuasan Pemgunjung (Z), Minat Berkunjung Kembali (Y).
Teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sehingga apabila teknologi informasi semakin meningkat penerapannya, maka kepuasan pengunjung juga akan semakin meningkat. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sehingga apabila promosi semakin meningkat, maka kepuasan pengunjung juga akan semakin meningkat. layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, sehingga apabila kualitas layanan semakin meningkat, maka kepuasan pengunjung juga akan semakin meningkat.
Perpustakaan Nasional diharapkan dapat meningkatkan kualitas teknologi informasinya dengan selalu menyediakan perangkat yang dapat membantu para pengunjung dalam mengakses informasi terkait judul-judul buku yang ada untuk memperoleh literatur penelitian yang sedang dilakukannya.
TES24/013 | TES 24/013 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain