Text
Pengaruh posisi strategis perpustakaan kualitas layanan pustakawan terhadap loyalitas pemustaka dengan pemediasi kepuasan pemustaka dengan pemediasi kepuasan pemustaka pada perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Peran utama Perpustakaan Nasional melibatkan koordinasi dan pengembangan kegiatan perpustakaan di seluruh negeri. Kunjungan pemustaka tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar, tetapi juga membentuk budaya literasi dan memberikan akses ke pengetahuan yang luas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 120 reponden anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menjadi anggota selama 6 (enam) bulan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows digunakan untuk menganalisis data.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Posisi Strategis, Kualitas Layanan Pustakawan, dan Kepuasan Pemustaka berperan signifikan dalam membentuk Loyalitas Pemustaka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peningkatan Posisi Strategis dan Kualitas Layanan Pustakawan secara positif memengaruhi Kepuasan Pemustaka, yang pada gilirannya, meningkatkan tingkat Loyalitas Pemustaka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan strategis dan pelayanan berkualitas dalam menjaga dan meningkatkan keterlibatan serta kesetiaan pemustaka terhadap perpustakaan.
Penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam pemahaman terhadap faktor-faktor kunci yang memengaruhi Loyalitas Pemustaka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan mengungkapkan pengaruh positif Posisi Strategis, Kualitas Layanan Pustakawan, dan Kepuasan Pemustaka, penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam manajemen perpustakaan. Temuan ini memberikan landasan untuk pengambilan keputusan strategis yang dapat meningkatkan interaksi dan hubungan positif dengan pemustaka, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan budaya literasi, dan memastikan akses yang lebih luas terhadap pengetahuan.
TES24/010 | TES 24/010 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain