Text
Pengaruh fasilitas dan teknologi informasi terhadap kepuasan pemustaka dengan pemediasi kuslitas layanan pada unit pusat jasa informasi perpustakaan dan pengelolaan naskah nusantara perpustakaan nasional RI
Perpustakaan Nasional memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas layanan melalui fasilitas dan teknologi infomasi dengan mmelibatkan koordinasi dan pengembangan kegiatan perpustakaan di seluruh negeri. Kunjungan pemustaka tidak hanya meningkatkan pengalaman belajar, tetapi juga membentuk budaya literasi dan memberikan akses ke pengetahuan yang luas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 100 reponden anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah menjadi anggota. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 23 untuk Windows digunakan untuk menganalisis data.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Fasilitas, Teknologi Infomasi dan Kualitas Layanan berperan signifikan dalam membentuk Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peningkatan Fasilitas dan Teknologi Informasi secara positif memengaruhi tingkat Kualitas Layanan, yang pada gilirannya meningkatkan Kepuasan Pemustaka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan media promosi dan pelayanan kunjungan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan serta kesetiaan pemustaka terhadap perpustakaan.
Penelitian ini memberikan kontribusi yang berkualitas dalam pemahaman terhadap faktor-faktor kunci yang memengaruhi Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dengan mengungkapkan pengaruh positif Fasilitas dan Teknologi Informasi, dan Kualitas Layanan, penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dalam manajemen perpustakaan. Temuan ini memberikan landasan untuk pengambilan keputusan strategis yang dapat meningkatkan interaksi dan hubungan positif dengan pemustaka, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan pada kualitas layanan perpustakaan yang dapat meningkatkan kepuasan pemustaka
TES24/027 | TES 24/027 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain