Text
Pengembangan media Big Book untuk meningkatkan hasil belajar pada materi negaraku Indonesia siswa kelas IV SDN Pengadegan 03 Pagi Jakarta Selatan
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Big Book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model ADDIE yang melalui lima tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi dan angket. Validitas media Big Book diperoleh melalui hasil validasi ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli desain mendapatkan presentase sebesar 96% (sangat valid). Sedangkan hasil dari validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 94% (sangat valid). Sedangkan hasil dari validasi ahli bahasa mendapatkan presentase sebesar 96% (sangat valid). Keparaktisan media diperoleh dari angket siswa pada skala kecil, skala sedang dan skala besar. Pada hasil angket siswa skala kecil mendapatkan presentase 93,6%. Sedangkan hasil angket siswa skala sedang mendapatkan presentase 91,3%. Sedangkan hasil angket siswa skala besar mendapatkan presentase 90,8%. Semua hasil angket siswa dinyatakan sangat praktis. Hasil efektivitas media diperoleh dari respon siswa berupa pretest dan posttest pada skala kecil, skala sedang dan skala besar. Hasil skor skala kecil mendapatkan presentase 50,8% pretest, 89,1% posttest dan N-Gain 0,77. Sedangkan hasil skor skala sedang mendapatkan presentase 54,6% pretest, 90,8% posttest dan N-Gain 0,79. Sedangkan hasil skor skala besar mendapatkan presentase 57,2% pretest, 92,6% posttest dan N-Gain 0,82. Media Big Book dinyatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media Big Book untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.
PGSD24/023 | PGSD 24/023 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain