Text
Pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembayaran zis memalui ecommece dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan promosi terhadap keputusan pembayaran Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) melalui e- commerce, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan e-commerce, platform digital telah menjadi saluran penting untuk transaksi filantropi, termasuk pembayaran ZIS. Di Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah memanfaatkan platform e-commerce untuk mempermudah masyarakat dalam menunaikan kewajiban berzakat. Namun, terdapat penurunan signifikan dalam jumlah pembayaran Z1S pada tahun 2023, yang mendorong perlunya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Sampel terdiri dari 150 responden yang melakukan pembayaran ZIS melalui e-commerce, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar menggunakan Google Form. Analisis data dilakukan menggunakan teknik SEM- PLS melalui perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembayaran ZIS. Promosi, di sisi lain, tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen maupun keputusan pembayaran. Kepercayaan konsumen terbukti memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembayaran ZIS. Penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan mempengaruhi keputusan pembayaran ZIS melalui e-commerce. Meskipun promosi tidak menunjukkan dampak signifikan dalam konteks ini, hasilnya memberikan wawasan tentang pentingnya memperkuat citra merek untuk meningkatkan kepercayaan dan partisipasi konsumen. Baznas perlu fokus pada penguatan brand image dan mengevaluasi strategi promosi untuk mengatasi penurunan pembayaran ZIS dan meningkatkan efektivitas kampanye penggalangan dana
TES24/061 | TES 24/061 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain