Text
Pengaruh Kompetensi Ahli Nautika Pelayaran Niaga dan Kualitas Layanan Operasional Kapal terhadap Loyalitas Konsumen dengan Pemediasi Kepuasan Konsumen pada PT. Logindo Samudramakmur Tbk
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi petugas kelautan dan kualitas layanan operasional terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Logindo Samudramakmur Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 100 konsumen dari total populasi 113. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) melalui perangkat lunak SmartPLS. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun kompetensi bahari meningkatkan kepuasan pelanggan, hal ini tidak berdampak langsung terhadap loyalitas. Sebaliknya kualitas pelayanan operasional berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Studi ini menyoroti perlunya perbaikan berkelanjutan dalam pelatihan bahari, kualitas layanan, dan program kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas. Rekomendasi strategis mencakup optimalisasi kualitas layanan dan pemantauan sistematis untuk memastikan keberhasilan jangka panjang di sektor maritim.
TES24/089 | TES 24/089 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain