Text
Pengaruh kualitas pelatihan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) sertifikat basic safety training (BST) di politeknik pelayaran banten dengan motivasi peserta variabel mediasi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelatihan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) sertifikasi Basic Safety Training (BST) di Politeknik Pelayaran Banten dengan motivasi peserta sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Sampel penelitian berjumlah 115 peserta diklat yang dipilih menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi peserta diklat (p-value = 0,225), namun fasilitas pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi (p-value = 0,000). Motivasi peserta memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan diklat (p-value 0,000), yang menunjukkan bahwa peserta dengan motivasi tinggi cenderung lebih puas dengan pelatihan yang diikuti. Kualitas pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta baik secara langsung maupun melalui motivasi sebagai variabel mediasi (p-value 0,388 dan 0,235). Sebaliknya, fasilitas pembelajaran memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kepuasan peserta diklat melalui motivasi sebagai variabel mediasi (p-value = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan peserta diklat, baik secara langsung maupun melalui peningkatan motivasi peserta. Oleh karena itu, peningkatan fasilitas pembelajaran harus menjadi prioritas dalam pengelolaan diklat guna meningkatkan motivasi dan kepuasan peserta. Rekomendasi bagi Politeknik Pelayaran Banten mencakup penguatan motivasi peserta melalui insentif, peningkatan kompetensi instruktur, dan optimalisasi metode pembelajaran berbasis pengalaman nyata. Penelitian ini juga menyarankan eksplorasi lebih lanjut terhadap variabel lain yang dapat memengaruhi kepuasan peserta, seperti peran instruktur dan faktor psikologis peserta diklat.
TES25/036 | TES 25/036 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain