PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh kualitas pelatihan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) sertifikat basic safety training (BST) di politeknik pelayaran banten dengan motivasi peserta variabel mediasi

Text

Pengaruh kualitas pelatihan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) sertifikat basic safety training (BST) di politeknik pelayaran banten dengan motivasi peserta variabel mediasi

Garit Fatrio - Nama Orang - Pengarang Utama; Aty Herawati - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelatihan dan fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) sertifikasi Basic Safety Training (BST) di Politeknik Pelayaran Banten dengan motivasi peserta sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Sampel penelitian berjumlah 115 peserta diklat yang dipilih menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi peserta diklat (p-value = 0,225), namun fasilitas pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi (p-value = 0,000). Motivasi peserta memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan diklat (p-value 0,000), yang menunjukkan bahwa peserta dengan motivasi tinggi cenderung lebih puas dengan pelatihan yang diikuti. Kualitas pelatihan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta baik secara langsung maupun melalui motivasi sebagai variabel mediasi (p-value 0,388 dan 0,235). Sebaliknya, fasilitas pembelajaran memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kepuasan peserta diklat melalui motivasi sebagai variabel mediasi (p-value = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan peserta diklat, baik secara langsung maupun melalui peningkatan motivasi peserta. Oleh karena itu, peningkatan fasilitas pembelajaran harus menjadi prioritas dalam pengelolaan diklat guna meningkatkan motivasi dan kepuasan peserta. Rekomendasi bagi Politeknik Pelayaran Banten mencakup penguatan motivasi peserta melalui insentif, peningkatan kompetensi instruktur, dan optimalisasi metode pembelajaran berbasis pengalaman nyata. Penelitian ini juga menyarankan eksplorasi lebih lanjut terhadap variabel lain yang dapat memengaruhi kepuasan peserta, seperti peran instruktur dan faktor psikologis peserta diklat.


Ketersediaan
TES25/036TES 25/036Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES 25/036
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Trilogi University--Magister management
ship--management
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Garit Fatrio
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik