Text
Pengembangan media roda pintar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas II SDN Pancoran 07 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Roda Pintar yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, dengan tujuan siswa dapat mengenal huruf kapital dan huruf kecil, serta huruf vokal dan konsonan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang terdiri dari lima tahap utarna: (1) Analisis, pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada kelas II bersumber buku siswa. Guru lebih sering menggunakan alat pembelajaran seperti buku guru dan siswa, papan tulis, buku membaca cepat, kartu baca. Pada saat pembelajaran guru menggunakan metode ceramah.; (2) Desain, untuk merancang media Roda Pintar yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik siswa; (3) Pengembangan, untuk menghasilkan media pembelajaran yang divalidasi oleh 3 ahli yaitu, ahli media dengan skor 92%, ahli bahasa 90%, dan ahli materi 96%; (4) Implementasi, untuk menguji keefektifan media roda pintar membaca permulaan menggunakan skala kecil dan skala besar, pada siswa kelas 2 yang berjumlah 20 orang dan (5) Evaluasi, perbaikan yang diperlukan pada media Roda Pintar untuk meningkatkan membaca permulaan atas saran dan tanggapan para ahli validator. Seperti media, materi, dan lainya. Pada tahap ini media Roda pintar disempurnakan agar layak dan baik digunakan pada pembelajaran membaca permulaan. Dapat disimpulkan bahwa Secara keseluruhan, media Roda Pintar terbukti valid, praktis, dan efektif dalam membantu siswa mengenal huruf kapital, huruf kecil, huruf vokal, dan konsonan. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang inovatif dalam pembelajaran literasi awal, serta dapat digunakan secara luas di berbagai institusi pendidikan dasar.
PGSD25/002 | PGSD 25/002 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain