Text
Pengaruh metode pembelajaran E-Learning, materi pembelajaran terhadap prestasi belajar dengan pemedasi kepuasan taruna/I di poltekpel Barombong
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran E-Learning. materi pembelajaran, dan kompetensi instruktur terhadap prestasi belajar, dengan kepuasan belajar sebagai mediator di Politeknik Pelayaran Barombong. Desain penelitian kuantitatif digunakan, dan data dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran E-Learning berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar. Sebaliknya, materi pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar, sementara kompetensi instruktur berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar. Selain itu, metode pembelajaran E-Learning berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, sedangkan materi pembelajaran dan kompetensi instruktur tidak memiliki pengaruh signifikan langsung terhadap prestasi belajar. Kepuasan belajar ditemukan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Kepuasan belajar juga memediasi pengaruh antara metode pembelajaran E-Learning dan prestasi belajar, serta antara kompetensi instruktur dan prestasi belajar. Namun, kepuasan belajar tidak memediasi pengaruh antara materi pembelajaran dan prestasi belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun E-Learning dan kompetensi instruktur sangat penting untuk meningkatkan kepuasan dan prestasi belajar, materi pembelajaran perlu mendapatkan perhatian lebih untuk meningkatkan kontribusinya terhadap hasil belajar di Politeknik Pelayaran Barombong.
TES25/024 | TES 25/024 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain