Text
Pengembangan media kartu suku kata untuk meningkatkan membaca permulaan siswa kelas 1B SDN Pancoran 07 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu suku kata yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas IB SDN Pancoran 07 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IB, terdiri dari 18 perempuan dan 13 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu suku kata secara efektif membantu siswa dalam mengenali dan membaca suku kata dengan lebih baik. Terdapat peningkatan keterampilan membaca siswa setelah menggunakan media ini, terutama bagi siswa yang sebelumnya belum mengenal huruf dan belum lancar membaca. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 100%, ahli bahasa 88%, dan ahli media 82,86%, yang menunjukkan bahwa kartu suku kata ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu, hasil pre-test siswa menunjukkan rata-rata nilai 56,45, sedangkan hasil post-test meningkat menjadi 76. Dengan demikian, media kartu suku kata ini dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar.
PGSD25/006 | PGSD 25/006 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain