Text
Pengaruh kompetensi pengajar, sarana dan prasarana terhadap hasil belajar pelatihan kepelautan dengan pemediasi kepuasan taruna pada politeknik pelayaran Barombang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pengajar dan sarana prasarana terhadap hasil belajar, serta peran mediasi kepuasan belajar di Politeknik Pelayaran Barombong. Menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan data primer yang dikumpulkan dari 106 taruna melalui kuesioner, analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengajar berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan taruna, begitu pula dengan sarana dan prasarana. Selain itu, kepuasan taruna berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar. Namun, kompetensi pengajar dan sarana prasarana tidak menunjukkan pengaruh signifikan langsung terhadap hasil belajar. Kepuasan taruna berperan sebagai mediator dalam hubungan antara kompetensi pengajar dan hasil belajar, serta antara sarana prasarana dan hasil belajar. Artinya, kepuasan taruna menjadi faktor penghubung yang memperkuat pengaruh kedua variabel tersebut terhadap hasil belajar. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai pentingnya peran kepuasan taruna dalam meningkatkan hasil belajar, serta pentingnya kompetensi pengajar dan sarana prasarana yang memadai dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung.
TES25/015 | TES 25/015 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain