Text
Peningkatan keterampilan menulis deskriptif dengan metode Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VA SDN Tegal Parang 05
"Penelitian ini berfokus pada peningkatan keterampilan menulis deskriptif di kalangan siswa kelas VA SDN Tegal Parang 05 melalui penerapan metode Think Talk Write (TTW) tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan signifikan dalam kemampuan menulis siswa, dikaitkan dengan motivasi rendah, karakteristik siswa yang negatif, dan metode pengajaran yang tidak efektif. Model TTW mendorong partisipasi siswa aktif dengan memfasilitasi dialog terstruktur dan pemikiran reflektif, yang membantu dalam pembuatan ide dan ekspresi secara tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa dan hasil pembelajaran secara keseluruhan. Temuan menunjukkan bahwa metode TTW tidak hanya menumbuhkan pemikiran kritis dan komunikasi tetapi juga mengarah pada peningkatan penting dalam kinerja menulis siswa, sehingga mengatasi tantangan pendidikan yang diidentifikasi. Terbukti bahwa rata-rata ketuntasan skenario siswa yang telah mencapai 100% serta hasil hasil tes belajar siswa yaitu 20 siswa lolos KKM, pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 90 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 80. Penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan menulis dengan metode Think, Talk, Write (TTW) pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
PGSD25/012 | PGSD 25/012 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain