PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan metode pembelajaran inside- outside circle pada materi pengukuran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara

Text

Penerapan metode pembelajaran inside- outside circle pada materi pengukuran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara

Yeni Dahlia - Nama Orang - Pengarang Utama; Winda Amelia - Nama Orang - Pembimbing;

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V melalui penerapan metode pembelajaran inside-outside circle pada materi pengukuran di SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat rangkaian komponen, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara yang berjumlah 34 orang siswa, terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inside-outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan daldua siklus yang setiap siklusnya terdiri dalam empakali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif dan analisis deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 37.64% yang tergolong dalam ketegori "kurang", kemudian dilakukan perbaikan pada tindakan siklus I diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 65.52% yang tergolong dalam ketegori "baik", dan dilakukan perbaikan kembali pada tindakan siklus II diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 81.29% yang tergolong dalam ketegori "sangat baik". Hal tersebut memiliki arti bahwa penelitian ini dinyatakan telah berhasil karena nilai rata-rata keterampilan komunikasi matematis siswa termasuk dalam kriteria tinggi dan telah mencapai 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran inside-outside circle pada materi pengukuran dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara."


Ketersediaan
PGSD25/013PGSD 25/013Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 25/013
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Yeni Dahlia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik