Text
Penerapan metode pembelajaran inside- outside circle pada materi pengukuran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V melalui penerapan metode pembelajaran inside-outside circle pada materi pengukuran di SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat rangkaian komponen, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara yang berjumlah 34 orang siswa, terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inside-outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan daldua siklus yang setiap siklusnya terdiri dalam empakali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif dan analisis deskriptif-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inside-outside circle dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 37.64% yang tergolong dalam ketegori "kurang", kemudian dilakukan perbaikan pada tindakan siklus I diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 65.52% yang tergolong dalam ketegori "baik", dan dilakukan perbaikan kembali pada tindakan siklus II diperoleh skor keterampilan komunikasi matematis siswa dengan rata-rata 81.29% yang tergolong dalam ketegori "sangat baik". Hal tersebut memiliki arti bahwa penelitian ini dinyatakan telah berhasil karena nilai rata-rata keterampilan komunikasi matematis siswa termasuk dalam kriteria tinggi dan telah mencapai 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran inside-outside circle pada materi pengukuran dapat meningkatkan keterampilan komunikasi matematis siswa kelas V SDN Kebon Bawang 03 Jakarta Utara."
PGSD25/013 | PGSD 25/013 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain