Text
Peningkatan pemahaman konsep tata surya melalui metode aktif snowball throwing pada siswa kelas VI di SDIT Nurul Falah II Jakarta Utara
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Tata Surya melalui penerapan metode aktif Snowball Throwing pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ([PAS) di kelas VI SDIT Nurul Falah II tahun ajaran 2025/2026. Subjek penelitian adalah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konsep, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan, nilai rata-rata pemahaman konsep Tata Surya siswa adalah 63,65 dengan ketuntasan belajar hanya 4 siswa (15,38%) dari total 26 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 70,31 dengan jumlah siswa tuntas 14 siswa (53,85%), sedangkan pada siklus II rata-rata nilai meningkat signifikan menjadi 81,82 dengan seluruh siswa (100%) mencapai KKM.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing mampu mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, meningkatkan interaksi, serta memfasilitasi pemahaman materi secara menyenangkan. Dengan demikian, metode aktif Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep Tata Surya pada pembelajaran IPAS. Metode ini tidak hanya meningkatkan capaian akademik, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama siswa."
| PGSD25/019 | PGSD 25/019 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain