Text
Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar digital interaktif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Dukuh 01 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis buku cerita berupa buku cerita bergambar digital interaktif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Dukuh 01 Pagi di pembelajaran Bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Dengan model pengembangan Borg&Gall 7 tahapan dari 10 tahapan. Media dikembangkan menggunakan platform canva dan juga books creator dan divalidasi oleh ahli Materi,Media dan Bahasa. Dengan hasil kelayakan yang di peroleh dari presentasi ahli validator yaitu Hasil Validasi Ahli Materi sebesar 95,23% , Hasil uji validator ahli Media sebesar 90,71%. , dan hasil uji validator ahli Bahasa sebesar 88%. Keefektifan Media dibuktikan melalui peningkatan nilai Pre-Test dan Post-Test peserta didik, dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 (Kategori Tinggi). Kesimpulannya, media pengembangan buku cerita bergambar digital interaktif efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran digital Interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik.
| PGSD25/021 | PGSD 25/021 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain