Text
Penerapan pembelajaran diferensiasi proses untuk peningkatan pemahaman nilai-nilai pancasila siswa kelas V SDI Teladan Nurul Falah I
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila melalui penerapan pembelajaran diferensiasi proses pada siswa kelas V SDI Teladan Nurul Falah I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian 1n1 adalah 16 siswa kelas V, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar. Hasil pra siklus menunjukkan rata-rata pemahaman siswa sebesar 64,88 dengan hanya 4 siswa yang mencapai ketuntasan. Setelah penerapen pembelajaran diferensiasi proses pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjad: 70,37 dengan 8 siswa tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 79,75 dan seluruh siswa mencapai ketuntasan. Penerapan pembelajaran diferensiasi proses terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, terutama pada aspek keadilan sosial, persatuan, dan gotong royong. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan yang memperhatikan perbedaan gaya belajar siswa dapat meningkatkan hasil belajar secara optimal.
| PGSD25/023 | PGSD 25/023 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain