Text
Pengembangan media kartu bergambar kartun serial televisi untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur terhadap siswa kelas IV di SDN Kebon Baru 07 Pagi Jakarta
Keterampilan menulis merupakan aspek penting dalam pengembangan kompetensi literasi siswa sekolah dasar. Namun, hasil pengamatan awal menunjukkan bahwasanya kebanyakan siswa kurang mampu untuk merangkai teks prosedur secara runtut dan sesuai dengan kaidah kebahasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media Kartu Bergambar Kartun Serial Televisi untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas IV di SDN Kebon Baru 07 Jakarta. Teknik pengumpulan data yang diperoleh untk penelitian ini dengan melalui wawancara guru, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh berupa: (1) rancangan model kartu bergambar kartun serial televisi dengan mengembangkan model ADDIE, yakni analysis, design, development, implementation, evaluation, (2) Rekapitulasi validitas dari oleh ahli materi 98,57% (Sangat Layak), ahli media mencapai 92,94% (Sangat Layak. (3) Hasil efektivitas media dengan uji coba skala kecil pada 15 siswa menghasilkan rata-rata N-Gain 0,49 (Sedang), dengan 20% kategori tinggi. 60% siswa kategori sedang, dan 20% siswa kategori rendah. Selain itu, uji coba skala besar pada 26 siswa menunjukkan rata-rata N-Gain 0,77 (Tinggi), dengan 22 siswa (84,61%) siswa masuk kategori Tinggi dan 4 siswa (15,4%) berada dalam kategori Sedang. Penelitian ini membuktikan hasil peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa.
| PGSD25/024 | PGSD 25/024 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain