Text
Pengembangan media pembelajaran telinggo (telur interaktif board game) pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Tebet Barat 08 Jakarta Selatan
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran di SDN Tebet Barat 08 Jakarta Selatan, karena guru hanya menggunakan buku paket dan jarang memanfaatkan media interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Telinggo (Telur Interaktif Board Game) pada materi bangun datar yang layak digunakan berdasarkan hasil uji kevalidan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono, dibatasi pada Sembilan tahap hingga revisi akhir produk. Uji coba dilakukan dengan desain one-group pretestposttest. Hasil penelitian menunjukan media Telinggo memiliki kevalidan sangat tinggi, yaitu 92% untuk ahli media dengan kriteria sangat valid, 91,6% untuk ahli bahasa dengan kriteria sangat valid, dan 98% untuk ahli materi dengan kriteria sangat valid. Media ini efektif meningkatkan hasil belajar dengan ketuntasan 69% dan nilai N-Gain 0,69 dengan kategori sedang. Dengan demikian, Telinggo layak digunakan sebagai media pembelajaran bangun datar di kelas
IV Sekolah Dasar."
| PGSD25/026 | PGSD 25/026 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain