Text
Pengembangan media pembelajaran katu kosakata bergambar (kokakaba) ceria untuk penguasaan kosakata siswa kelas III SDN Pulogebang 24 Pagi
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Kartu Kosakata Bergambar (KAKOKABA) Ceria untuk penguasaan kosakata siswa kelas III di SDN Pulogebang 24 Pagi. Media ini dirancang untuk menarik minat belajar siswa dengan pendekatan visual interaktif, menggunakan gambar dan warna yang menarik. Pendekatan yang digunakan, yaitu Research and Development (R&D) dengan 7 tahap model pengembangan Borg and Gall dari 10 tahapan. Hasil kelayakan diperoleh dari uji validator ahli media sebesar 94%, uji validator ahli materi sebesar 97,6%, dan uji validator ahli bahasa sebesar 89%. Keefektifan media dan peserta didik dilihat dari hasil sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil sebelum menggunakan media, yaitu pre- test dengan rata-rata 63,66 dan setelah menggunakan media, yaitu post-test mengalami peningkatan dengan rata-rata 90,15. Hasil pretest dan post-test menunjukkan bahwa media pembelajaran KAKOKABA Ceria efektif digunakan di kelas III Sekolah Dasar.
| PGSD25/028 | PGSD 25/028 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain