Text
Pengembangan perkalian wordwall berbasis website pada mata pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri Grogol Depok
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran wordwall berbasis situs web, yaitu model pembelajaran berbasis teknologi yang memanfaatkan teknologi layar sentuh sebagai media utama dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan langkah-langkah pengembangan wordwall perkalian berbasis situs web untuk matematika kelas dua SD Negeri Grogol 2 Depok, 2) Mendeskripsikan validasi wordwall perkalian berbasis situs web untuk matematika kelas dua SD Negeri Grogol 2 Depok, dan 3) Mendeskripsikan efektivitas wordwall perkalian berbasis situs web untuk matematika kelas dua SD Negeri Grogol 2 Depok. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus skala kecil dan satu siklus skala besar, dengan menggunakan Model Dick dan Carey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1, hasil belajar siswa pada mata pelajaran perkalian meningkat sebesar 85%, yang dikategorikan cukup. Nilai rata-rata siswa hanya 85 dari seluruh nilai siswa. Sementara itu, pada siklus II, penerapan media Wordwall berbasis situs web mencapai peningkatan sebesar 90%, yang dikategorikan sangat tinggi. Rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus Il tercapai. Berdasarkan kedua siklus tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan media Wordwall berbasis situs web dalam mata pelajaran Matematika, khususnya mata pelajaran Perkalian, dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas 2 SDN Grogol 2 Depok.
| PGSD25/029 | PGSD 25/029 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain