Text
Implementasi penggunaan kartu suku kata bergambar untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jannah dengan menggunakan media kartu suku kata bergambar. Kegiatan membaca permulaan merupakan dasar penting dalam penguasaan literasi siswa usia dini, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, mengeja suku kata, dan membaca kata sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas I tahun ajaran 2025-2026, yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes membaca permulaan, serta dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu suku kata bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan secara signifikan. Pada pra siklus, rata-rata nilai siswa adalah 63,4 dengan hanya 5 siswa (33,3%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah implementasi media pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 74,7 dengan 9 siswa (60%) yang tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 82,2 dan seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar.Media kartu suku kata bergambar terbukti membantu siswa dalam mengenali bentuk huruf, mengeja suku kata, dan membaca kata secara utuh serta bermakna. Melalui pendekatan visual dan kontekstual, siswa lebih mudah memahami materi dan lebih termotivasi dalam proses belajar membaca. Dengan demikian, penggunaan kartu suku kata bergambar dapat dijadikan alternatif media pembelajaran awal membaca yang efektif untuk siswa kelas I sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah.
| PGSD25/032 | PGSD 25/032 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain