Text
Pengembangan media pembelajaran board game polly pada materi kewajiban dan hakku dalam bertetangga di kelas III SDN Grogol 2 Depok
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Board Game Polly pada materi Kewajiban dan Hakku dalam Bertetangga untuk siswa kelas III SDN Grogol 2 Depok. Berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa proses pembelajaran masih didominasi metode ceramah dan media konvensional, sehingga berdampak pada rendahnya minat belajar dan hasil belajar siswa. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model Research and Development (R&D) dari Dick and Carey melalui sepuluh tahapan, termasuk analisis kebutuhan, perancangan media, validasi oleh ahli media dengan skor 82,67%, validasi ahli materi dengan skor 87,2% dan validasi oleh ahli bahasa dengan skor 86,6%uji coba terbatas, dan evaluasi. Hasil validasi dari ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa media Board Game Polly tergolong sangat valid. Uji coba kelompok kecil dengan hasil presentase 70%,dan skala besar dengan hasil presentase 80,55% menunjukkan bahwa media ini menarik, mudah digunakan, dan efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan bertetangga. Dan hasil efektifitas dengan presentase 80,56% termasuk dalam kriteria sangat valid dan efektif. Media ini juga dinilai mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran serta memperkuat nilai-nilai karakter melalui pendekatan bermain sambil belajar. Dengan demikian, Board Game Polly layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran tematik berbasis Kurikulum Merdeka.
| PGSD25/033 | PGSD 25/033 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain