PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan media

Text

Pengembangan media "papan tempel data" pada pembelajaran matematika materi diagram kelas 1 SDN 03 Jembatan Lima Jakarta Barat

Artha Mahira Syahwa - Nama Orang - Pengarang Utama; Rudi Ritonga - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian pembelajaran Papan Tempel Data guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi diagram dalam pembelajaran matematika kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall, melalui sepuluh tahap pengembangan. Media dirancang dalam bentuk papan magnetik dengan pion tempel dan dilengkapi QR code yang terhubung ke video pembelajaran serta permainan edukatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media yang sangat tinggi, yaitu 82% dari ahli media dan 88% dari ahli materi. Uji coba one-to-one dilakukan pada 3 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 61,53 dan post-test sebesar 84,62. Uji skala kecil dilakukan pada 10 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 62,31 dan post-test sebesar 83,08. Sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada 15 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 68,02 dan post-test sebesar 85,83, serta nilai N-Gain sebesar 0,52 (kategori sedang). Selain itu, respon siswa terhadap media mencapai 91,91%, yang termasuk dalam kategori sangat positif. Penelitian ini menawarkan kebaruan berupa integrasi alat konkret dan digital dalam satu media interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Papan Tempel Data layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi diagram secara menyenangkan, konkret, dan bermakna.


Ketersediaan
PGSD25/034PGSD 25/034Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 25/034
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Artha Mahira Syahwa
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik