Text
Pengembangan media "papan tempel data" pada pembelajaran matematika materi diagram kelas 1 SDN 03 Jembatan Lima Jakarta Barat
Penelitian pembelajaran Papan Tempel Data guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi diagram dalam pembelajaran matematika kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg dan Gall, melalui sepuluh tahap pengembangan. Media dirancang dalam bentuk papan magnetik dengan pion tempel dan dilengkapi QR code yang terhubung ke video pembelajaran serta permainan edukatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media yang sangat tinggi, yaitu 82% dari ahli media dan 88% dari ahli materi. Uji coba one-to-one dilakukan pada 3 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 61,53 dan post-test sebesar 84,62. Uji skala kecil dilakukan pada 10 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 62,31 dan post-test sebesar 83,08. Sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada 15 siswa, dengan rata-rata nilai pre-test sebesar 68,02 dan post-test sebesar 85,83, serta nilai N-Gain sebesar 0,52 (kategori sedang). Selain itu, respon siswa terhadap media mencapai 91,91%, yang termasuk dalam kategori sangat positif. Penelitian ini menawarkan kebaruan berupa integrasi alat konkret dan digital dalam satu media interaktif yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Papan Tempel Data layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi diagram secara menyenangkan, konkret, dan bermakna.
| PGSD25/034 | PGSD 25/034 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain