Text
Pengembangan media cerita pendek digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SDN Duren Tiga 09 Pagi
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa media cerita pendek digital interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 di SDN Duren Tiga 09 Pagi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan guru. Media yang ada masih bersifat konvensional dan belum sesuai dengan pembelajaran abad ke-21. Pengembangan dilakukan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi. Tahapannya meliputi: pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi, dan uji ceba lapangan. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi dari ahli materi, media, dan bahasa, serta angket respon siswa. Hasil validasi menunjukkan media berada pada kategori sangat layak, dengan skor rata-rata di atas 85%. Uji efektivitas melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman siswa. Respon siswa juga sangat positif, dengan tingkat ketertarikan mencapai 92%. Dengan demikian, media ini terbukti layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Inovasi ini diharapkan menjadi alternatif media pembelajaran yang mendukung Kurikulum Merdeka dan pembelajaran digital yang adaptif.
| PGSD25/037 | PGSD 25/037 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain