Text
Pengembangan media pembelajaran timbangan berat (TINGRAT) melalui teams games tournaments (TGT) pada mata pelajaran matematika kelas III SDN cikoko 03 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat) materi satuan berat untuk siswa kelas III Sekolah Dasar, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III-B yang berjumlah 31 siswa dengan rincian : 3 siswa untuk di uji perorangan, 10 siswa untuk di uji kelompok kecil, dan 31 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penilaian dari validator ahli materi, media, dan bahasa, serta penarikan kesimpulan sebagai kelayakan media. Pada uji coba kefektifan lapangan hasil pretest mendapatkan hasil rata-rata 60,32 dan pada posttest rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81,93.
Berdasarkan hasil uji normalitas gain rata-rata pada keefektivitas media Timbangan Berat (Tingrat) adalah 0,55 yang termasuk dalam kategori keberhasilan sedang. Hasil penelitian ini meneunjukkan bahwa media pembelajaran Timbangan Berat (Tingrat) dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas III-B SDN Cikoko 03 Pagi Jakarta Selatan.
| PGSD25/040 | PGSD 25/040 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain