Text
Pengembangan media komik digital untuk meningkatkan keterampilan membaca penjelasan siswa kelas V SDN larangan 1 utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital pada materi fakta dan opini dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V SDN Larangan 1 Utara. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Media dikembangkan dengan menggabungkan elemen visual berupa komik digital dan audio narasi untuk meningkatkan keterlibatan serta penjelasan siswa terhadap isi bacaan. Hasil validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan. Uji coba skala kecil dan besar menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dibuktikan melalui perbandingan antara nilai pretest dan posttest. Selain itu, siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media ini, yang dinilai menarik, mudah dipahami, dan membantu mereka membedakan fakta dan opini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media komik audio digital efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca penjelasan siswa sekolah dasar.
| PGSD25/041 | PGSD 25/041 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain